photo page-heading.jpg

Senin, 05 Mei 2014

‘APLIKASI ANAK CERDAS’: PILIHAN CERDAS UNTUK SI BUAH HATI TANPA RASA WAS – WAS

Mendengar kata internet, sepertinya kata tersebut sudah sangat familiar ditelinga Bunda. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari, kita tidak bisa terlepas dari penggunaan internet. Contoh hal kecil adalah pemakaian smartphone / tablet sehari – hari, yang digunakan untuk browsing, chatting, maupun penggunaan jejaring sosialita, tentu tidak akan terlepas dari yang namanya internet. Ya, kan Bunda?

Dulu, sepengetahuan saya [zaman saya SMP] internet itu yang saya tahu adalah indomie telor kornet hehe ^^ 

Tetapi bener loh Bun, dulu sangat susah mencari internet. Jangankan internet! Wong zaman saya hp layar biru sudah paling ngetrend hehe ^^ 

Kebayang, kan! Bagaimana jadulnya zaman saya dulu. Tetapi sekarang? Coba Bunda perhatikan  disekeliling, hampir semua memiliki gadget. Dan tidak jarang juga, kebanyakan dari Bunda yang mengizinkan buah hatinya dalam penggunaan gadget. Memang tidak menjadi persoalan mengenai hal tersebut selama orang tua sudah memberikan izin terhadap si buah hatinya. Namun tidak sedikit pula, para orang tua yang kuatir akan dampak ataupun pengaruhnya dari penggunaan gadget tersebut bagi si buah hatinya. Seperti yang Bunda ketahui, penggunaan gadget tidak bisa terlepas dari penggunaan internet yang sangat mudah untuk diakses ini. Tentu hal tersebut menjadi tanda tanya besar bagi kalangan orang tua. Apakah gadget aman digunakan untuk anak – anak?

Apalagi untuk orang tua, yang keduanya berkarir, tentu makin sulit bagi mereka dalam hal mengawasi si buah hatinya dalam penggunaan kesehariaannya. Nah, jika seperti itu maka jangan salahkan pada gadget ataupun si buah hati. 

Walaupun saya belum memiliki si buah hati, saya dapat merasakan kecemasan para Bunda semua karena hal tersebut juga dialami oleh bulek saya sendiri yang mengeluh terhadap anaknya [keponakan saya] terhadap gadget yang sering dipakainya. Bagaimana tidak! Ponakan saya itu kalau sudah asik main game di tabletnya bakalan lupa sama sekitarnya, bahkan yang lebih canggihnya, bagus [nama keponakan saya] ternyata sudah bisa mendownload game pilihannya sendiri. Tidak jarang kalau pemakaian pulsa bulek saya bisa dikatakan boros hehe ^^

Dan sebagai wanita karir, bulek saya pun juga menjadi serba salah untuk meninggalkan membiarkan buah hatinya asik bermain tablet tanpa ada bimbingan orang dewasa.

Nah, jika Bunda memiliki persoalan yang serupa seperti hal tersebut. Saat ini, Bunda tidak perlu panik dan boleh menghela nafas dalam – dalam, karena pada dasarnya penggunaan gadget pada anak – anak dapat diakomodisir dari beberapa pilihan aplikasi yang terdapat pada gadget tersebut.


Beberapa hari yang lalu, saya membrowsing melalui google search mengenai aplikasi yang tepat untuk anak - anak diusianya. Bebarapa aplikasi anak yang bermunculan salah satunya adalah aplikasi anak cerdas dari acer. 

Sebagai tante, saya tidak mau salah pilih aplikasi untuk keponakan saya, saya pun mulai mendownload beberapa aplikasi anak, termasuk aplikasi anak cerdas dari acer dan mulai menguji cobanya sebelum saya rekomendasikan kepada bulek saya.

Ada baiknya Bunda sangat selektif, lebih cermat dan cerdas untuk memilih aplikasinya yang tepat di usia buah hati Bunda, karena jika tidak sesuai maka tidak akan menjadi bahan edukasi yang efektif nantinya. Sebagai contoh: Jika si buah hati masih terbilang BALITA, sebaiknya tidak diberikan aplikasi yang lebih banyak tulisannya ataupun aplikasi untuk usia masuk sekolah dasar, karena BALITA masih belum dapat membaca lancar seperti khalayak anak yang sudah masuk jenjang sekolah.

Dalam kasus saya yang satu ini, setelah mereview satu persatu aplikasi yang saya download dan mengingat keponakan saya berusia delapan tahun alias sudah masuk ke jenjang sekolah dasar kelas dua, saya pun memilih Aplikasi Anak Cerdas sebagai pilihan cerdas.
Kenapa pilih Anak Cerdas?

Pada Aplikasi Anak Cerdas ini terdapat beberapa menu / fitur pilihan yang telah disediakan, yaitu:

Fitur Latihan Yuk!
Fitur ini berupa soal – soal latihan anak di sekolah sesuai dengan tingkatannya. Jadi Bunda tidak perlu kuatir atau kebingungan saat mau mengajar atau memberikan pelajaran tambahan sebelum si buah hatinya besok ulangan harian.

Fitur Mari Bermain
Uniknya di aplikasi ada fitur Mari Bermain. Jadi jika si buah hati merasa butuh refreshing setelah beraktifitas belajar di sekolahnya ataupun setelah melakukan latihan soal, fitur ini menjadi solusinya. Si buah hati dapat memilih permainan yang disediakan.

Fitur Zona Anak
Nah, inilah yang saya bilang cerdas! Karena aplikasi ini memiliki fitur zona anak. Bunda disarankan mengaktifkan zona ini dan pilih sesuai usia buah hati Bunda, agar si buah hati ketika mengakses aplikasi ini tepat sesuai kebutuhannya. 


Fitur Izin Unduh dan Fitur Atur Aplikasi
Bunda tidak perlu was – was lagi dan begitupula seharusnya dengan bulek saya yang memiliki buah hatinya dapat mendownload game sendiri pada gadgetnya. Nah, Bunda dapat mengatur aplikasinya dengan memberikan password pada saat mendownload game pilihannya pada aplikasi tersebut. Jadi buah hati hanya bisa mendownload jika Bunda telah mengizinkannya. [jangan sampai bocor ya Bunda passwordnya hehehe ^^]

Fitur Laporan Penggunaan
Selain itu, Bunda juga dapat mengamati ketika dikantor, saat tidak bersama si buah hati dengan menggunakan fitur ini. Kesehariaan si buah hati menggunakan gadget ini.

Bagaimana Bunda? Recommended bukan?
Saya merekomendasikan Aplikasi Anak cerdas ini kepada Bulek saya, saat saya mampir mengunjungi rumahnya beberapa hari yang lalu [hitung – hitung silahturahim].
Ketika saya memperkenalkan aplikasi ini pada ponakan saya, saya sih bilangnya “aku punya game baru dong!” langsung deh buka tablet dan pamerkan ke ponakan saya.  Mendengar kata “game” bukan kepalang penasarannya si ponakan saya ini. Benar saja, gak pake lama dia datang menghampiri saya dan mencoba merayu saya untuk tunjukkan yang menurut dia “game” hehe ^^

Nah, Bunda itu tadi sekilas pengalaman saya mengenai aplikasi yang menurut saya adalah pilihan cerdas untuk si buah hati tanpa harus was - was lagi.
Jangan sampai salah pilih ya Bun, “Buat anak kok coba – coba” hehe ^^

Kurang lebihnya saya minta maaf jika terdapat kesalahan penulisan artikel ini. Tidak ada unsur menggurui melainkan sekedar share pengalaman dan saling berbagi.

‘Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia’ 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

SOERABI Copyright © 2009 Community is Designed by HOME